Wisata Kopi.
Explore Kopi di Indonesia

Kebun Kopi di Desa Wisata Petung, Yogyakarta


Di Yogyakarta ada tempat wisata kebun kopi yang bernama Desa Wisata Petung. Desa ini menawarkan udara sejuk yang membuat kita refresh. Desa Petung terletak di dusun Petung, desa Kepuhharjo kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Desa Petung menawarkan keindahan pemandangan ciri khas desa di lereng Gunung Merapi. Ketinggian desa ini kurang lebih 850m hingga 900m dpl.

Keindahan Desa Petung semakin lengkap dengan kesejukan yang terasa karena desa wisita Petung dikelilingi hutan dan membuat desa ini kelihatan asri dengan hijaunya lahan tersebut. Terlebih kita dapat memandang puncak gunung merapi yang indah dan menakjubkan dari gardu pandang , dengan sesekali burung elang terbang melintasi langit diatas desa wisata petung yang menambah hiasan semesta alam ini. Yang menjadi andalan desa wisata ini adanya perkebunan kopi yang hijau yang semakin mencerminkan nuansa alam pedesaan yang yang masih asli. Kebun kopi ini menjadi salah satu komoditas andalan dusun petung, karena memiliki aroma sedap dan cita rasa yang mantap. Jenis kopi yang di tanam di dusun ini jenis Robusta dan Arabica. Karena ini merupakan andalan wisata di desa ini maka kita dapat belajar banyak bagaimana memelihara tanaman kopi, kemudian cara memetik, serta mengolahnya hingga cara menghidangkannya langsung dari petani lokal tersebut.

Beberapa potensi wisata yang ada di Desa Petung selain perkebunan kopi ada juda pertenakan sapi perah di desa ini maka para pengunjung di tempat ini dapat merasakan seolah memelihara sapi yakni dengan mencari makan ternak ini berupa rumput dan kemudian memerah susu sapi yang hasilnya dapat langsung pengunjung nikmati ataupun dijadikan oleh-oleh. Pengunjung juga dapat mengenal tanaman umbi umbian yang mungkin sudah asin bagi telinga kita seperti suweg uwi, ganyong dan gadung, serta beberapa jenis umbi umbian yang lain. Kita juga dapat mengunjungi tempat pengolahan umbi di Desa Petung.

Untuk kuliner selain kripik entik dan kopi robusta serta kopi arabica juga bisa anda nikmati susu jahe dan juga krupuk dan dodol susu yang lezat.

Sarana pendukung untuk akses di desa wisata ini cukup memadai dengan kondisi jalan yang beraspal baik dengan petunjuk jalan dari jalan utama menuju desa air dan listrik yang memadai. Selain itu tersedia homestay parkir kendaraan.








Unknown Unknown Author

Most Trending

Fans Page

Follow Us


Facebook  Twitter  Google+ Instagram

Popular Posts